Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/433
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Herman | - |
dc.contributor.author | Siti Sarah Arrahmah, 12311137 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-23T03:24:22Z | - |
dc.date.available | 2020-01-23T03:24:22Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/433 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan digoncangkan dengan merosotnya karakter anak bangsa pada saat ini. Fenomena yang ada dilakukan oleh para oknum tertentu didasari dari kurangnya pendidikan dan perhatian dari sekelilingnya. Mengejutkan lagi bahwa pelaku tersebut anak-anak yang rata-rata masih di bawah umur. Kemudian homeschooling yang berada di pesantren merupakan lembaga yang dapat mengembangkan dan membentuk karakter Islami. Homeschooling di Pesantren Tahfidz Daarul Qur`an Shigor Cipondoh Tangerang ini dapat merubah dan meningkatkan karakter Islami melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui homeschooling di Pesantren Tahfidz Daarul Qur`an Shigor Cipondoh Tangerang, nilai-nilai apa saja yang ditanamkan oleh para guru dan pembimbing asrama serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pembentukan karakter melalui homeschooling di Pesantren Tahfidz Daarul Qur`an Shigor. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan dan menggambarkan keadaan atau fakta yang berhubungan dengan penelitian ini, yaitu tentang bagaimana proses pendidikan karakter melalui homeschooing di Pesantren Tahfidz Daarul Qur`an Shigor Cipondoh Tangerang dengan menggunakan metode homeschooling. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter melalui homeschooling di pesantren yang dilaksanakan oleh peserta didik secara terusmenerus dan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan keseharian dalam lingkungan yang kondusif. Upaya yang dilakukan oleh para guru dan pembimbing asrama adalah dengan menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut dapat mengembangakan dan membentuk karakter Islami, diantaranya: karakter religius, kegiatan yang diterapkan dalam karakter ini seperti shalat fardhu dan sunnah berjamaah, puasa sunnah senin kamis, tilawah, dan tahfidz Al-Qur`an; karakter kebersihan, kedisiplinan, kemandirian, hormat dan santun, tanggung jawab, dan jujur. Faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik adalah lingkungan pesantren yang kondusif dan strategis, keteladanan para guru dan pengasuh kamar, serta orangtua atau keluarga, karena merekalah yang memberikan pengaruh paling lama terhadap pendidikan karakter anak-anak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi, Pendidikan, Karakter, Homeschooling, Tahfidz | en_US |
dc.title | Implementasi Pendidikan Karakter melalui Homeschooling di Pesantren Tahfidz Daarul Qur`an Shigor Cipondoh Tangerang. | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311137.pdf Restricted Access | 1.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
12311137_Publik.pdf Restricted Access | 863.65 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.