Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4344Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Pahrurroji | - |
| dc.contributor.author | Qonita Nadiya, 213124440 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T02:23:19Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T02:23:19Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4344 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan ketika peneliti menemukan pola pembelajaran yang belum berkembang dalam hal penerapan model pembelajaran yang inovatif yang digunakan oleh para guru di MI Karisma. Hal tersebut menimbulkan inisiatif peneliti untuk bekerja sama dengan guru yang mulai menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa-siswi pada mata pelajaran akidah akhlak.. Hal tersebut membuat penulis ingin kaji lebih dalam terkait bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di sekolah tersebut, apa saja strategi yang digunakan guru tersebut dalam menerapkan PJBL untuk meningkatkan kreativitas siswa, dan mengamati apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V di MI Karisma Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu:kepala sekolah, guru akidah akhlak, wali kelas (kelas V), dan 3 siswa kelas V di MI Karisma. Teknik anaisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Karisma sudah diterapkan dengan sangat baik. Mulai dari proses perencanaan yan meliputi: penentuan tema yang menarik, pemilihan media ajar yang tepat, penentuan alur waktu yang dibutuhkan. Kemudian pelaksanaan (penerapan) yang mencakup kegiatan pembuatan proyek, monitoring, dan presentasi hasil proyek. Serta evaluasi yang berfokus dari segi kognitif. Adapun tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah jadwal kegiatan yang padat pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada pelajaran akidah akhlak yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan waktu ditengah jadwal kegiatan yang padat | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) | en_US |
| dc.subject | Kreativitas | en_US |
| dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah MI KARISMA Jakarta Pusat | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 46-21312440.pdf Restricted Access | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 46-21312440_Publik.pdf Restricted Access | 2.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.