Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4345
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhusna Farida-
dc.contributor.authorAfifah Putri Ali, 21312353-
dc.date.accessioned2025-11-26T02:27:48Z-
dc.date.available2025-11-26T02:27:48Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4345-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan murid dalam membaca Al-Qur’an dan pemahaman yang kurang terhadap ilmu tajwid. Berdasarkan hasil observasi, masalah yang dihadapi murid dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah kurangnya pemahaman terhadap ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Tajwidi dalam pembelajaran AlQur’an di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas bacaan murid. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan, dengan subjek penelitian terdiri dari Kepala Lembaga, Guru Tahfiz dan Tahsin, serta 7 murid dari kelas 5 SD hingga kelas 1 SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tajwidi di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dilakukan secara sistematis, dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah, makhraj huruf, dan sifat huruf, hingga hukum tajwid yang rinci pada tiap jilid buku metode Tajwidi. Proses pembelajaran melibatkan praktik langsung di depan guru, yang memungkinkan murid mendapatkan umpan balik secara langsung. Dari hasil tes membaca AlQur’an surah Al-Baqarah ayat 106-112, dengan tiga indikator penilaian yaitu tajwid, faṣᾱḥah, dan kelancaran ditemukan peningkatan kualitas bacaan AlQur’an yang sangat baik. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa meliputi metode pembelajaran yang efektif, lingkungan yang mendukung, dan pemahaman tajwid. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan metode Tajwidi secara efektif meningkatkan kualitas bacaan murid dalam membaca Al-Qur’an.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Tajwidien_US
dc.subjectKualitas bacaanen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.titlePenerapan Metode Tajwidi dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Siswa Studi Kasus di Lembaga Darul Quran At-Tibyanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
47-21312353.pdf
  Restricted Access
3.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
47-21312353_Publik.pdf
  Restricted Access
1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.