Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4354| Title: | Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi: Studi Kasus Fenomena Korean Pop di MTs Negeri 2 Tangerang |
| Authors: | Zidny Raisa Salimah, 21312483 |
| Advisor: | Adithiya Warman |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era globalisasi, di Mts Negeri 2 Tangerang. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya perubahan nilai-nilai karakter siswa yang disebabkan oleh pengaruh dari globalisasi atau masuknya budaya asing K-Pop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek yang penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter Islami siswa di Mts Negeri 2 Tangerang melalui pembiasaan, keteladanan, serta ibrah dan amtsal, yang diterapkan dalam kegiatan rutin, teladan tokoh agama, dan penyampaian pesan moral. Keberhasilan strategi ini diukur melalui buku mentoring dan penilaian sikap. Dalam menghadapi pengaruh budaya Korean Pop (K-Pop) yang memiliki dampak positif maupun negatif, Pendidikan Agama Islam berperan membimbing siswa menyaring nilai positif dan menghindari hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, sehingga terbentuk generasi berkarakter, beriman, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4354 |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 57-21312483.pdf Restricted Access | 4.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 57-21312483_Publik.pdf Restricted Access | 3.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.