Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4355
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorFatia Hasna Azizah, 21312380-
dc.date.accessioned2025-11-26T03:40:22Z-
dc.date.available2025-11-26T03:40:22Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4355-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan tunarungu dalam membaca Al-Qur‘an dan penggunaan metode yang kurang sesuai dengan karakter tunarungu yaitu menggunakan oral. Selain itu tunarungu juga kurang mendapatkan literasi mengenai Al-Qur‘an. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran bahasa isyarat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran membaca Al-Qur‘an di SKh Syahida Harapan Bunda Tangerang. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya adalah penulis meneliti mengenai Al-Qur‘an isyarat metode kitabah yang mana mushaf versi cetaknya baru dicetak pada akhir 2023. Dalam metode kitabah yang dibaca bukan hanya hurufnya saja tetapi juga mengisyaratkan tanda bacanya. Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Sumber data adalah guru dan siswa tunarungu SKh Syahida Harapan Bunda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, obervasi non partisipatif dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data adalah menyiapkan data, membaca data secara menyelutuh, coding data, menggunakan coding data untuk mendeskripsikan, mengelompokkan sesuai tema, memberi makna pada data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa isyarat dalam pembelajaran membaca Al-Qur‘an menggunakan metode kitabah terdiri dari 3 fase yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Penulis menemukan bahwa ada peningkatan kemampuan dalam membaca Al-Qur‘an melalui pembelajaran bahasa isyarat menggunakan metode kitabah. Setelah menggunakan kitabah dapat mengisyaratkan huruf hijaiah, tanda baca dan membaca Juz ‗Amma. Faktor pendukung pembelajaran Al-Qur‘an adalah dukungan orang tua serta fasilitas pendidikan yang memadai. Mulai dari media, guru, hinggametode dan ruang kelas. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya dukungan orang tua. Guru Al-Qur‘an isyarat yang sedikit dan guru belum melaksanakan pelatihan khusus untuk guru Al-Qur‘an isyarat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKemampuan membaca Al-Qur‘anen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Isyaraten_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di SKH Syahida Harapan Bundaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
58-21312380.pdf
  Restricted Access
2.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
58-21312380_Publik.pdf
  Restricted Access
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.