Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4358Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Alfun Khusnia | - |
| dc.contributor.author | Uswatun Hasanah, 21312475 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T04:11:52Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T04:11:52Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4358 | - |
| dc.description.abstract | Integrasi teknologi menawarkan peluang besar dalam transformasi pendidikan, khususnya dalam penguatan literasi digital dan keterampilan abad ke-21. Namun, sifat keterbukaan teknologi juga membuka celah penyalahgunaan bagi pengguna teknologi. Salah satu ancaman yang muncul adalah cyber child grooming, yaitu bentuk pelecehan seksual berbasis digital yang membahayakan hak keamanan anak. Fenomena ini berkembang seiring dengan pesatnya penggunaan media sosial yang tidak diimbangi dengan literasi digital yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya preventif layanan bimbingan guru di sekolah sebagai bentuk perlindungan dan edukasi terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari enam informan, yaitu kepala sekolah, guru BK, dan empat siswa SMK Pondok Karya Pembangunan I Jakarta Islamic School. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan guru di sekolah merupakan upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik demi mencapai kemandirian dalam hidupnnya. Untuk mencegah cyber child grooming, layanan bimbingan guru memberikan edukasi seks dan siber kepada siswa demi meningkatkan pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk kejahatan digital, mengenali modus, serta strategi pencegahan dan upaya perlindungan diri. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | bimbingan konseling | en_US |
| dc.subject | cyber child grooming | en_US |
| dc.subject | pendidikan | en_US |
| dc.title | Layanan Bimbingan Konseling Dalam Pencegahan Cyber Child Grooming Di SMK Pondok Karya Pembangunan I Jakarta Islamic Schoo | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 62-21312475.pdf Restricted Access | 4.52 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
| 62-21312475_Publik.pdf Restricted Access | 1.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.