Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4362
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet-
dc.contributor.authorSiti Alpiah, 21312459-
dc.date.accessioned2025-11-26T04:27:05Z-
dc.date.available2025-11-26T04:27:05Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4362-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, kesulitan mereka saat mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari, dan kurangnya motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan program model Contextual Teaching and Learning di kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan, mengetahui implementasi model Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran PAI di kelas VIII dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan model pembelajaran CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Subjek dalam peneliti ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 3 orang siswa kelas VIII di SMPN 3 Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Implementasi model Contextual Teaching and Learning ada tiga tahap yaitu:a perencanaan: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),memilih topik yang relevan,dan menyusun aktivitas pembelajaran yang mengaitkan teori dengan praktik nyata.b.pelaksanaan: Guru menggunakan metode diskusi kelompok, tanya jawab, dan presentasi hasil diskusi untuk melibatkan siswa secara aktif dan guru juga melakukan refleksi di akhir dengan memberikan tugas kontekstual untuk memperkuat pemahaman siswa..c.evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan untuk mengukur hasil proses pembelajaran yang dilakukan perminggu dan perbulan. 2) Faktor pendukung model CTL yaitu: keterlibatan aktif, sarana prasarana, adapun faktor penghambat, kurangnya pelatihan guru, keterbatasan waktu belajar, serta karakteristik siswa yang beragamen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titleImplementasi Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMPN 3 Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
66-21312459.pdf
  Restricted Access
3.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
66-21312459_Publik.pdf
  Restricted Access
995.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.