Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4363
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorEliyah Manzilatul Chumairo, 21312377-
dc.date.accessioned2025-11-26T04:29:54Z-
dc.date.available2025-11-26T04:29:54Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4363-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya muslimah Indonesia baik dari kalangan remaja hingga dewasa yang kurang dalam memahami atau salah pemahaman mengenai hukum fikih perempuan terutama bab haid, nifas, dan istihāḍah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran fikih perempuan di akun Instagram @dailyhaid dinilai efektif ataupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah pendiri akun Instagram @dailyhaid, admin akun Instagram @dailyhaid, dan pengikut aktif akun Instagram @dailyhaid. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi participatory dan non participatory, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun reduksi data dalam penelitian ini adalah data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sumber data utama penelitian ini adalah pendiri akun @dailyhaid, 2 orang admin, dan 6 orang pengikut aktif akun @dailyhaid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran efektif, pembelajaran fikih diakun Instagram @dailyhaid menunjukkan kesesuaian dengan 6 prinsip yakni, pertama perhatian; melalui desain visual yang konsisten dan estetis. Kedua, motivasi; ingin mengkaji ilmu haid secara mendalam. Ketiga, keaktifan; terlibat secara aktif dalam mengakses konten. Keempat, keterlibatan langsung atau pengalaman; kesesuaian materi dengan pengalaman audiens. Kelima, pengulangan; penyajian ulang materi melalui pendekatan berbeda. Dan keenam, tantangan; memberikan kuis interaktif melalui fitur story.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectEfektivitas pembelajaranen_US
dc.subjectfikih perempuanen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Fikih Wanita Berbasis Media Sosial (Studi Analisis Akun Instagram @Dailyhaid)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
67-21312377.pdf
  Restricted Access
3.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
67-21312377_Publik.pdf
  Restricted Access
1.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.