Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4365
Title: Optimalisasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a Di SDIT Al-Azkar Pamulang Tangerang Selatan
Authors: Luthfiyah Nabila, 21312413
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya sejumlah siswa yang belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik sesuai kaidah tajwid. Melihat begitu pentingnya penguasaan membaca Al-Qur'an sebagai bagian dari pendidikan agama Islam, maka perlu adanya pengoptimalan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Yanbu’a dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa SDIT Al-Azkar Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden wawancara yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru BTQ dan 3 siswa kelas 4. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu'a secara sistematis sudah berjalan dengan baik, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan teknik evaluasinya. Dilihat dari pelaksanaannya metode yanbu’a mampu mengoptimalkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur'an. Terdapat beberapa faktor pendukung keberhasilan metode ini antara lain kesiapan dan kompetensi guru, antusiasme dan motivasi siswa, dukungan orang tua, sarana dan prasarana, sistem pembelajaran yang terstruktur, vasiasi metode pengajaran, pembagian kelas dan pendampingan serta evaluasi dan refleksi berkelanjutan.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4365
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
69-21312413.pdf
  Restricted Access
3.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
69-21312413_Publik.pdf
  Restricted Access
1.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.