Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4368
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorHafidzatun Rasyidah, 21312385-
dc.date.accessioned2025-11-26T05:03:36Z-
dc.date.available2025-11-26T05:03:36Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4368-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP IT Raflesia Depok dan untuk mengetahui dampak dari penerapan model tersebut terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL diterapkan melalui berbagai langkah atau strategi pembelajaran seperti konstruktivisme, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection dan authentic assessment. Implementasi CTL mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan kontekstual sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Meskipun ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan belum meratanya pemahaman guru tentang CTL secara umum penerapan model ini menunjukkan hasil yang positif. Model CTL memungkinkan siswa menghubungkan materi PAI dengan kehidupan nyata sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan agar guru PAI lebih mengembangkan pemahaman dan kreativitas dalam menerapkan CTL, serta adanya dukungan sekolah dalam penyediaan sarana dan pelatihan. Model CTL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di jenjang SMP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL) Pendidikan Agama Islam (PAI), .en_US
dc.subjectImplementasi Model Pembelajaranen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP IT Raflesia Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
71-21312385.pdf
  Restricted Access
1.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
71-21312385_Publik.pdf
  Restricted Access
1.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.