Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4374
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Tuti Rahmawati-
dc.contributor.authorSuryati, 21312469-
dc.date.accessioned2025-11-26T05:35:57Z-
dc.date.available2025-11-26T05:35:57Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttps://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4374-
dc.description.abstractStrategi sima’an merupakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tahfiz di lingkungan pesantren sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Di Pesantren Kampoeng Tahfidz Cilik Cinere Depok, sima’an bukan hanya sekadar aktivitas penyetoran hafalan, tetapi menjadi strategi yang terstruktur dalam membangun kebiasaan murojaah, mendisiplinkan santri, dan menanamkan tanggung jawab dalam menjaga hafalan. Kegiatan tahfiz yang dilakukan oleh anak-anak menuntut pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Oleh karena itu, strategi sima’an menjadi relevan karena melibatkan praktik menghafal secara berulang dan aktif, serta memperkuat daya ingat melalui interaksi sosial antar santri. Kualitas hafalan diukur melalui indikator kelancaran, ketepatan tajwid, kekuatan daya ingat, serta dilengkapi dengan konsistensi penyetoran. Dalam konteks pendidikan pesantren, sima’an turut menjadi upaya pembentukan karakter dan nilai kedisiplinan sejak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokusnya adalah mengkaji strategi sima’an, kualitas hafalan yang dihasilkan, serta peran pesantren sebagai institusi pendidikan Islam dalam membentuk kebiasaan belajar Al-Qur’an yang mendalam dan berkelanjutan. Sebagai bentuk inovasi dalam strategi sima’an, pendekatan Cooperative Learning diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan menekankan kolaborasi antar santri, strategi ini mendorong partisipasi aktif, rasa tanggung jawab bersama, serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa Cooperative Learning bukan hanya relevan, tetapi juga strategis untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan tahfiz di pesantren.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Simaanen_US
dc.subjectCooperative Learningen_US
dc.subjectKualitas Hafalanen_US
dc.subjectPendidikan Pesantrenen_US
dc.titleStrategi Sima’an sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hafalan dalam Konteks Pendidikan di Pesantren Kampoeng Tahfidz Cilik Cinere Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
77-21312469.pdf
  Restricted Access
4.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
77-21312469_Publik.pdf
  Restricted Access
3.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.