Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4385
Title: Pemahaman Literasi Digital dalam Penggunaan Sumber Belajar pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta
Authors: Inggita Seruni Aslamadisti, 21312394
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa memiliki keterampilan literasi digital, terutama dalam penyusunan karya ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa tingkat akhir IIQ Jakarta berdasarkan kerangka Ferrari. Berbagai penelitian sebelumnya telah menyoroti literasi digital mahasiswa, namun umumnya masih bersifat umum tanpa menekankan konteks mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini berbeda karena secara khusus melihat pemanfaatan literasi digital dalam mendukung penulisan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yaitu dosen dan beberapa mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa berada pada level intermediate, dengan kemampuan mengakses jurnal, menyusun kata kunci, melakukan parafrasa, dan menilai sumber. Sebagian kecil menunjukkan kecenderungan advanced, ditandai dengan sikap kritis terhadap sumber dan pemanfaatan AI tools secara selektif
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4385
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
87-21312394.pdf
  Restricted Access
3.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
87-21312394_Publik.pdf
  Restricted Access
1.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.