Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/442
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yayah Nurmaliyah | - |
dc.contributor.author | Alisda Ali, 12311147 | - |
dc.date.accessioned | 2020-01-23T03:48:02Z | - |
dc.date.available | 2020-01-23T03:48:02Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/442 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan di Indonesia pada saat ini masih ada beberapa yang didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan sering dijumpai adanya beberapa permasalahan, di antaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas dan cenderung pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa, salah satunya adalah melalui pendekatan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw terhadap hasil belajar Fiqih pada materi shalat dalam keadaan terdesak di kelas VII SMP Al- Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Grop Pre-Test and Post-Test Design. Sampel yang pertama berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Sampel yang ke-dua berjumlah 20 siswa untuk kelas control dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 15 soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji-T. Berdasarkan hasil perhitungan uji-T diperoleh thitung = 2,286 dan ttabel = 2,024, dengan taraf signifikan 5%, yang berarti thitung>ttabel (2,286 > 2,024), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran cooperative learning type Jigsaw terhadap hasil belajar fiqih siswa di kelasVII SMP Al-Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Peningkatan, Belajar, Fiqih, Metode Jigsaw | en_US |
dc.title | Peningkatan Hasil Belajar Fiqih SMP Al-Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat Kelas VII Dengan Metode Jigsaw | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311147.pdf Restricted Access | 5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.