Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/460
Title: Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Mengenai Kurikulum Pendidikan Islam
Authors: Nurul Fitriani, 12311172
Advisor: Ahmad Syafi’ie Noor
Issue Date: 2016
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Sebuah lembaga pendidikan akan berhasil karena dengan adanya suatu rancangan yang baik ialah memiliki kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Sedangkan kurikulum di Indonesia sudah mengalami 9 kali perubahan akan tetapi tidak ada perubahan yang signifikan. Salah satu seorang syed pendidikan Islam yang membahas mengenai kurikulum pendidikan Islam ialah Syed Muhammad Naquib al-Attas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dalam kategori studi tokoh dengan pendekatan filosofis. Pengumpulan data dengan menggunakan metode membaca, mengutif, menganalisis dan merumuskan hal-hal yang dianggap urgen memenuhinya syarat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum pendidikan dalam Islam berlandasan sumber-sumber yang jelas dan mapan, yang pemahamannya, penafsiran dan penjelasannya membutuhkan ilmu pengetahuan yang otoritatif. Syed Muhammad Naquib al-Attas mengatakan otoritas yang tinggi dalam Islam adalah Al-Qur’an dan sunnah Nabi yang dilakukan oleh para sahabat Nabi. Dalam pengembangan kurikulum Islam al-Attas lebih menekankan pada keutamaan perannan guru. Guru memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Al-attas menyarankan pesertadidik dalam mencari guru untuk tidak tergesa-gesa belajar kepada guru yang sembarangan.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/460
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12311172.pdf
  Restricted Access
2.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.