Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/460
Title: | Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Mengenai Kurikulum Pendidikan Islam |
Authors: | Nurul Fitriani, 12311172 |
Advisor: | Ahmad Syafi’ie Noor |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Sebuah lembaga pendidikan akan berhasil karena dengan adanya suatu rancangan yang baik ialah memiliki kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Sedangkan kurikulum di Indonesia sudah mengalami 9 kali perubahan akan tetapi tidak ada perubahan yang signifikan. Salah satu seorang syed pendidikan Islam yang membahas mengenai kurikulum pendidikan Islam ialah Syed Muhammad Naquib al-Attas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dalam kategori studi tokoh dengan pendekatan filosofis. Pengumpulan data dengan menggunakan metode membaca, mengutif, menganalisis dan merumuskan hal-hal yang dianggap urgen memenuhinya syarat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum pendidikan dalam Islam berlandasan sumber-sumber yang jelas dan mapan, yang pemahamannya, penafsiran dan penjelasannya membutuhkan ilmu pengetahuan yang otoritatif. Syed Muhammad Naquib al-Attas mengatakan otoritas yang tinggi dalam Islam adalah Al-Qur’an dan sunnah Nabi yang dilakukan oleh para sahabat Nabi. Dalam pengembangan kurikulum Islam al-Attas lebih menekankan pada keutamaan perannan guru. Guru memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Al-attas menyarankan pesertadidik dalam mencari guru untuk tidak tergesa-gesa belajar kepada guru yang sembarangan. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/460 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
12311172.pdf Restricted Access | 2.47 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.