Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4680
Title: Resepsi Al-Quran Dalam Praktik Quran Journaling (Studi Living Quran Pada Akun Media Sosial @n.aisyyh, @nadyaayyus, dan @devi_nalita)
Authors: Sofa Nurpaidah, 18211095
Advisor: Ahmad Hawasi
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini mengkaji fenomena Qur’an Journaling yang berkembang pesat di kalangan Generasi Z sebagai praktik keagamaan kontemporer. Praktik ini menyatukan ruang digital dengan spiritualitas personal, sehingga memunculkan pertanyaan mendalam mengenai cara penafsiran Al-Qur’an yang dilakukan di luar kerangka tafsir formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam pola penafsiran yang dihasilkan, dengan menggunakan pendekatan Living Qur'an dan berlandaskan teori Tafsir Reseptif Fungsional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada analisis konten dari tiga akun media sosial yang aktif mempraktikkan Qur’an Journaling. Data primer diperoleh melalui analisis yang sistematis, di mana penulis mengidentifikasi dan mengelompokkan pola-pola penafsiran yang muncul. Untuk memastikan keabsahan data, temuan ini diverifikasi dengan membandingkannya terhadap tafsir dan teori yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan adanya karakteristik khusus pada penafsiran Qur’an Journaling yang terlihat dalam tiga dimensi utama: fungsional (Al-Qur'an sebagai pedoman praktis), subjektif (pemaknaan yang dipengaruhi kondisi emosional dan latar belakang pribadi), dan aksesibilitas (penyajian makna dengan bahasa informal serta analogi kontekstual). Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik Qur’an Journaling adalah wujud nyata dari Living Qur'an yang berfungsi sebagai sarana bagi audiens digital untuk menemukan relevansi dan makna personal dari ajaran Islam.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4680
Appears in Collections:Artikel IAT

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
162-18211095.pdf5.7 MBAdobe PDFView/Open
162-18211095_Publik.pdf5.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.