Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4700
Title: Tradisi Pengambilan Sanad Al-Quran (Study Living Quran di Pondok Pesantren Illmu Al-Quran Ciomas Bogor)
Authors: Nurul Muflihah, 2112751
Advisor: Abdul Rosyid
Issue Date: 2025
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya jumlah penghafal Al-Qur’an di Indonesia seiring dengan perkembangan zaman. Namun demikian, masih banyak pondok pesantren tahfiz yang kesanadannya dipertanyakan, karena sebagian besar hanya memprioritaskan kuantitas hafalan tanpa memperhatikan aspek sanad yang merupakan rantai transmisi keilmuan yang sahih. Oleh karena itu rumusan masalah dari penelitian ini berupaya menggambarkan secara mendalam proses dan hambatan pengambilan sanad Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) Bogor. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk mengungkap makna yang terkandung dalam pengalaman para subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan sanad di PPIQ meliputi menyelesaikan hafalan 30 juz, menyetorkan hafalan 30 juz secara lengkap (tasmi’),menjalani riyāḍah selama 40 hari, menjaga adab terhadap guru, dan melakukan pengabdian selama satu tahun. Adapun hambatan yang sering dihadapi santri antara lain menurunnya motivasi setelah mengkhatamkan 30 juz, kurangnya kedisiplinan dalam murāja‘ah dan talaqqī, ketidakfokusan dalam menghafal atau tasmi’, beban pikiran yang berat, adanya rasanya jenuh serta gangguan interaksi dengan lawan jenis.
URI: https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4700
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
182-21211751.pdf
  Restricted Access
2.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
182-21211751_Publik.pdf
  Restricted Access
2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.