Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/473
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Dimyati Badruzzaman-
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorNeneng Haryati, 217430186-
dc.date.accessioned2020-01-28T08:30:08Z-
dc.date.available2020-01-28T08:30:08Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/473-
dc.description.abstractUpaya untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur‟an banyak dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran Al-Qur‟an, salah satu diantaranya ialah Metode Ummi. Metode ini berhasil memikat banyak lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Fenomena tersebut menggambarkan bahwa metode Ummi merupakan sebuah metode pembelajaran Al-Qur‟an yang layak diperhitungkan dan menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, koordinator Ummi, trainer Ummi, guru Ummi, wali murid dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Ummi dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan berpedoman kepada program dan tahapan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation. Di antaranya: Penerapan 7 Program Dasar Metode Ummi (Tashih, Tahsin, Sertifikasi Guru, Coaching, Supervisi, Munâqasah, dan Khataman); Penerapan 7 Tahapan Pembelajaran Metode Ummi (Pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep, Pemahaman Konsep, Keterampilan/Latihan, Evaluasi, dan Penutup); Penerapan 4 Model Pembelajaran Al-Qur‟an Metode Ummi (Privat/Individual, Klasikal Individual, Klasikal Baca Simak, dan Klasikal Baca Simak Murni); dan Penerapan 10 pilar Sistem Mutu Ummi (Goodwill Management, Sertifikasi Guru, Tahapan yang Baik dan Benar, Target Jelas dan Terukur, Mastery Learning yang Konsisten, Waktu yang Memadai, Quality Control yang Intensif, Rasio Guru dan Siswa yang Proporsional, Progress Report Setiap Siswa, dan Koordinator yang Handal); 2) Penerapan dan pelaksanaan Metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sangat meningkat terutama dalam bacaan siswa dengan nada Ummi. Hal tersebut dapat dilihat dari data perkembangan pembelajaran Ummi dalam bentuk Raport yang dilaporkan kepada orang tua siswa di setiap akhir semester.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Ummien_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-Quranen_US
dc.titleImplementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus Di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
217430186-Neneng Haryati.pdf
  Restricted Access
217430186-Tesis7.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.