Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/510
Title: Efektivitas Metode Sima’an Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an (Studi Analisa di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ulumul Qur’an Putri Bojongsari Depok)
Authors: Uswatun Hasanah, 13311223
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Metode Sima’an Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul tersebut adalah dalam menghafal Al-Qur’an sangat di perlukannya sebuah metode, terutama metode dalam menjaga hafalan Al-Qur’an yang telah di hafalkan. Karena tidak sedikit orang yang telah menghafal Al-Qur’an, ketika dia sudah tidak mengulang-ulang atau mentakrir, maka hafalan akan mudah hilang dan lupa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang metode sima’an tersebut, efektif atau tidak metode sima’an dalam menjaga hafalan yang telah di jalani di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Putri Bojongsari Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh saat penelitian yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, bahwa metode sima’an di pondok pesantren Ulumul Qur’an putri ada beberapa program, diantaranya 1) sima’an berdua-berdua, 2) sima’an satu juz 3) sima’an empat surah 4) sima’an 30 juz 5) sima’an bulanan. Sima’an berdua-berdua yang dilakukan oleh dua orang santri dengan saling menyimak hafalannya secara bergantian. Dan sima’an yang dilakukan dengan cara santri membaca hafalannya dan didengarkan atau disimak oleh para santri lainnya dan didengarkan oleh guru atau ustadzah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Metode Sima’an dalam menjaga hafalan Al-Qur’an adalah, di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Putri adalah sangat efektiv. dalam menjaga hafalan. Karena dengan sima’an maka hafalan akan senantiasa terjaga dan lancar. Selain itu para santri akan termotivasi untuk tetap mengulang dan mentakrir hafalan yang sudah dimiliki, sehingga ketika ada kegiatan sima’an hafalan akan lancar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/510
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311223.pdf
  Restricted Access
4.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.