Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/516
Title: Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Authors: Durrotul Fikriyyah, 13311230
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan karakter merupakan sebuah nilai yang harus dipelajari, dirasakan dan diterapkan dalam keseharian setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter anak usia dini di RA Bait Qur’any At-Tafkir. Ketertarikan penulis dalam meneliti pendidikan karakter di RA tersebut dalam pembentukkan karakter anak sejak usia dini yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Metode penelitian yang penulis gunakan merupakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan dari obyek yang diteliti. Konsep pendidikan karakter anak usia dini di RA Bait Qur’any At-Tafkir melalui beberapa aspek-aspek yang sudah dibuat oleh konseptor Bait Qur’any itu sendiri. Pembangunan karakter dan kepribadian Islami telah dilakukan oleh RA ini dengan cara menghafal Qur’an, menghafal hadits, dan menguasai terjemah perkata. Dari proses tersebut anak mulai terbentuk karakternya sedikit demi sedikit. Dari kegiatan tersebut anak mulai mengetahui tugas manusia sebagai makhluk Allah harus mentaati perintah dan mengimani Allah dan Rasul-Nya. Pembiasaan anak dalam pembentukkan karakter orang tua selalu berkontribusi dengan sekolah. Anak dirumah selalu mendakwahkan ilmu yang dia dapat disekolah baik dengan keluarga, teman dan masyarakat sekitarnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/516
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311230.pdf
  Restricted Access
3.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
13311230_publik.pdf
  Restricted Access
1.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.