Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/518
Title: | Pengaruh Program Kegiatan Muhadharah terhadap Keterampilan Berbahasa Arab (Studi Kasus Santriwati Pondok Modern Al-Islam Nganjuk) |
Authors: | Hayyin Ifatul Hana, 13311234 |
Advisor: | Herman |
Issue Date: | 2017 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kegiatan Muhadharah merupakan bagian penting dari Pondok yang bersifat wajib dan harus di ikuti oleh seluruh Santiwati Pondok Modern Al-Islam Nganjuk, guna untuk mendidik mereka agar menjadi Mubalighah yang berguna dan bermanfaat untuk masyarakat. Peneliti tertarik terhadap pelaksanaan kegiatan Muhadharah, karena dalam kegiatan ini Santriwati menjadi terdidik mental dan pemberanian mereka untuk tampil dan maju di hadapan orang banyak serta bisa menyampaikan suatu materi yang dapat diambil pelajarannya sehingga bermanfaat untuk orang lain, karena pada zaman sekarang pergaulan anak remaja usia sekolah menengah cukup memprihatinkan. Alasan peneliti memilih Pondok Modern Al-Islam ini menjadi tempat penelitian penulis tidak hanya membiasakan santriwati melatih mental menjadi pemberani tetapi juga membiasakan mereka agar bisa terbiasa berdialog dengan lancar menggunakan bahasa Arab untuk membentuk kepribadian serta kerohanian yang seimbang dan selaras. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang hasil penelitiannya berupa angka-angka dan dihitung menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah penulis lakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa dari perhitungan angka korelasi antara variabel X (Program Kegiatan Muhadharah) dengan variabel Y (Keterampilan berbahasa Arab) dengan menggunakan product moment, besarnya rxy diperoleh nilai sebesar 0,503 yang terletak antara 0,40-0,67 yang berarti terdapat korelasi/pengaruh yang sedang atau cukup. Maka peneliti mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang mana rhitung lebih besar dari rtabel sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/518 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311234.pdf Restricted Access | 3.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
13311234_publik.pdf Restricted Access | 1.4 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.