Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/519
Title: Implementasi Metode Bilqis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Mengiramakan Al-Qur’an (Studi Kasus Lembaga Bimbel TTQ Bilqis Center Rempoa Ciputat Tangerang Selatan)
Authors: Isna Nur Ilma Nafi’a, 13311238
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pemilihan metode harus dilakukan oleh pengajar (ustadz/ustadzah) dalam pembelajaran Al-Qur’an, karena metode aspek yang sangat penting dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an sering kali tidak relevan walaupun dalam suatu lembaga sudah ada ketentuan dalam penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an, sehingga tidak dapat meningkatkan kemampuan membaca dan mengiramakan Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah penyimpulan dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan penelitian Metode Bilqis dalam meningkatkan kemampuan membaca dan mengiramakan Al- Qur’an di Lembaga Bimbel TTQ Bilqis Center, dapat disimpulkan bahwa, siswa mampu menguasai materi-materi yang diajarkan dalam modul bilqis jilid 1 dan 2 selama satu tahun, serta mampu menguasai hukum-hukum tajwid dan dapat mengikuti irama murottal syech dari timur tengah dengan menggunakan rumus “tu wa ga pat ma nam juh pan”, menguasai murotal, tajwid gerak dan tajwid terapan dengan kepalan tangan. Misalnya jika ayat mengandung gunnah maka pengajar mengepalkan tangan dan menahannya, dan ketika ayat tersebut panjang 4 atau enam harkat pengajar menghitung jarinya sesuai dengan banyak harkatnya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/519
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311238.pdf
  Restricted Access
956.91 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.