Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/521
Title: | Implementasi Konsep Pendidikan Islam di Sekolah Alam Studi Kasus Sekolah Dasar Alam Ar Rahman Ciputat Tanggerang Selatan. |
Authors: | Khansa Fadhillah, 13311240 |
Advisor: | Herman |
Issue Date: | 2017 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemajuan IPTEK dalam bidang informasi serta inovasi-inovasi baru didalam teknologi yang mempermudah kehidupan manusia, serta kehidupan masyarakat yang semakin unggul, sehingga meningkatnya kesadaran terhadap hak-hak asasi manusia serta kewajiban dalam kehidupan bersama. Sehingga terjadi penyalahgunaan pemanfaatan sumber daya. Kehidupan ini sangat berpengaruh kepada kebiasaan dan sikap peserta didik dalam bidang agama. Karena jika peserta didik tidak diarahkan sesuai dengan ajaran Islam maka akan sangat mustahil peserta didik dapat menyerap ilmu dengan baik yang didapat dalam jenjang pendidikan sekolah yang akan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep pendidikan Islam di Sekolah Dasar Alam Ar Rahman Ciputat Tanggerang Selatan, pendidikan Islam seperti apa yang ditanamkan oleh para guru serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsep pendidikan Islam di SD Alam Ar Rahman Ciputat Tanggerang Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan dan menggambarkan keadaan atau fakta yang berhubungan dengan penelitian ini, yaitu tentang bagaimana proses pendidikan Islam yang diterapkan oleh SD Alam Ar Rahman xii Ciputat Tanggerang Selatan dengan menggunakan konsep pendidikan Islam. Pendidikan Islam dapat didefinisikan dengan suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh berlandaskan Al-Qur`an, hadits, dan juga ijtihad. Pendidikan Islam dapat dijumpai di berbagai lembaga-lembaga yang berbasis Islami mulai dari tingkat rendah sampai tingkat yang paling tinggi. Pelaksanaan konsep pendidikan Islam di SD Alam Ar Rahman ini berupaya menyelenggarakan pendidikan yang membangun akhlak peserta didik, yang dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan yang baik secara bertahap. Pembelajaran secara langsung dengan alam diharapkan peserta didik dapat mengaitkan fenomena-fenomena penciptaan alam semesta dengan berlandaskan bahwa penciptaan manusia di dunia ini adalah untuk menjadi khalifah. Upaya para guru kepada peserta didik untuk mengembangkan akhlak yang Islami diantaranya dengan diterapkan pendidikan religius yaitu sholat dhuha berjamaah di pagi hari, membiasakan berinfaq setiap hari, menghafal doa-doa harian, serta menghafal Al-Qur`an yaitu surat-surat pendek. Adapun faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak Islami peserta didik adalah lingkungan yang kondusif, keteladanan para guru, serta orang tua dan keluarga karena merekalah yang sangat berpengaruh paling besar dalam pendidikan akhlak Islami peserta didik. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/521 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311240.pdf Restricted Access | 2.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
KHANSA FADHILLAH_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.4 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.