Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/536
Title: | Implementasi Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus SMP Islam Daarul Ilmi, Bantar Jaya, Rancabungur, Bogor) |
Authors: | Siti Zahara Fauziah, 13311258 |
Advisor: | Herman |
Issue Date: | 2017 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari observasi peneliti terhadap guru yang tidak aktif dalam proses belajar mengajar. Guru menerangkan materi dengan metode klasik, setelah itu memberikan tugas kepada siswanya. Oleh karena itu, banyak siswa yang tidak serius belajar di dalam kelas seperti sering izin ke toilet, mengobrol antar teman, melamun, dan tertidur di dalam kelas, karena proses belajar mengajar yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menigkatkan minat belajar siswa di SMP Islam Daarul Ilmi Bantar Jaya, Rancabungur, Bogor. Penerapan apa yang guru PAI lakukan agar minat belajar siswa meningkat saat kegiatan belajar mata pelajaran PAI berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, guru PAI menggunakan berbagai macam metode pembelajaran baik metode klasik maupun metode kontemporer. Selain metode pembelajaran yang digunakan, para siswa diberikan motivasi-motivasi oleh gurunya. Minat belajar mata pelajaran PAI siswa semakin meningkat karena selain didorong oleh guru PAI, kegiatan pesantren pun membantu siswa-siswi dalam memahami mata pelajaran PAI di kelas. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/536 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311258.pdf Restricted Access | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
9. Siti Zahara F_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 863.44 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.