Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/539
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Syafi’ie Noor-
dc.contributor.authorZizwatul Amriyah, 13311264-
dc.date.accessioned2020-02-28T04:22:45Z-
dc.date.available2020-02-28T04:22:45Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/539-
dc.description.abstractSetiap manusia pasti diberi anugerah berupa kecerdasan dan potensi yang ada pada dirinya, manusia mempunyai kemampuan mental umum untuk belajar dan mengajarkannya, serta mempunyai kemampuan untuk berpikir. Dalam kegiatan belajar mengajar dikenal dengan strategi pembelajaran seorang guru, strategi pembelajaran sangat penting karena menjadi acuan yang menjadi dasar dalam pembelajaran. Di dalam dunia pendidikan untuk menghasilkan pembelajaran yang optimal masih berorientasi pada Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan salah satunya yaitu Spiritual Quotient (SQ). Spiritual Quotient (SQ) merupakan kecerdasan jiwa yang dapat membantu kita dalam menghadapi berbagai masalah dan membangun diri secara utuh. Dalam penelitian ini peneliti memilih SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon sebagai objek penelitian karena sekolah tersebut menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan bercirikan keislaman yang kuat dengan menanamkan nilai-nilai keislaman, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dasari dengan nilai keislaman yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah penyimpulan dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti simpulkan bahwa strategi pembelajaran Spiritual Quotient (SQ) yang diterapkan di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon secara umum sesuai dengan teori yang dibahas pada kajian teori. Dengan menerapkan berbagai kegiatan yang mengandung aspek-aspek spiritual seperti tadarus Al-Qur’an setiap pagi di pandu oleh guru mata pelajaran, shalat dhuha berjamaah, shalat duhur berjamaah, mengulang hafalan juz 30 setelah shalat duhur, pembinaan baca Al-Qur’an, khusus untuk hari jumat kegiatannya adalah shalat jumat berjamaah, infaq jumat, dan Yasinan, kemudian mengadakan acara yang mengandung aspek spiritual yaitu peringatan hari besar islam seperti Isra Mi’raj, Maulid Nabi, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, dan berkurban. Proses pengembangannya menggunakan pola pembisaan, dengan pola pembiasaan tersebut dapat melekat di dalam diri siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran, Spiritual Quotient (SQ)en_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Spiritual Quotient (SQ) (Studi kasus di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311264.pdf
  Restricted Access
3.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
13311264_Publik.pdf
  Restricted Access
1.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.