Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/560
Title: Peran Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI SD di Kecamatan Karangsambung Kota Kebumen Jawa Tengah
Authors: Ulfah Khoeriyah, 13311299
Advisor: Akhmad Shodiq
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran KKG dalam meningkatan profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan Karangsambung Kota Kebumen Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) yakni penelitian yang ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif partisipan. Selanjutnya jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu deskriptif intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti individu, kelompok, institusi atau masyarakat dan merupakan penyelidikan secara rinci, yang difokuskan pada satu fenomena saja untuk dipahami secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan Karangsambung cukup baik, hal ini dapat dilihat dari peran yang dilakukan KKG di Kecamatan Karangsambung antara lain: Membahas dan memilih metode PAI yang efektif dan efisien, Pembahasan tentang pendalaman dan pengembangan materi PAI, Menentukan dan menetapkan cara-cara evaluasi PAI, Pelatihan dan penyusunan pengembangan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Menyusun kisi-kisi soal ujian dan semester, Mengadakan lomba Mapel PAI dan Seni (MAPSI), Mengadakan studi banding, Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan organisasi KKG PAI SD di Kecamatan Karangsambung mendapat dukungan dan bantuan dari semua elemen masyarakat sehingga peran KKG PAI ini dapat berjalan baik dan lancar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/560
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311299.pdf
  Restricted Access
2.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.