Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/562
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Syafi’ie Noor | - |
dc.contributor.author | Vivi Faradila Lapepo, 13311301 | - |
dc.date.accessioned | 2020-02-28T07:21:40Z | - |
dc.date.available | 2020-02-28T07:21:40Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/562 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia baik jenjang pendidikan dasar maupun menengah saat ini masih menggunakan sistem paket, dimana setiap peserta didik mendapat porsi yang sama dalam menempuh pembelajaran sesuai yang ditentukan sekolah. Hal ini dirasa kurang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan SKS yang dilaksanakan di SMA Muhamadiyah 3 Jakarta dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Muhamadiyah 3 Jakarta, pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Implementasi SKS bagi sekolah adalah merubah struktur kurikulum reguler menjadi berbasis SKS, menentukan beban belajar, menyusun jadwal pelajaran dengan pola on-off, dan menentukan mata pelajaran bagi peserta didik pada setiap semesternya. Implementasi SKS bagi guru adalah memodifikasi silabus menjadi silabus serial mata pelajaran, membuat RPP, mengolah dan manginput nilai. Implementasi bagi peserta didik adalah mengikuti program 3 tahun bagi peserta didik reguler atau program 2 tahun bagi peserta didik SCI, melakukan registrasi akademik pada setiap semester, dan menyelesaikan 136 sks. 2) Implementasi SKS dalam pembelajaran PAI ada perbedaan yaitu tambahan alokasi waktu untuk pembelajaran, Silabus mata pelajaran menjadi dua jenis, materi pelajaran yang didapat setiap kelas berbeda akibat dari pola penjadwalan on off. Materi menjadi tidak runtut karena belom ada buku pelajaran berbasis SKS. Guru mengadakan semester pendek bagi peserta didik yang belum mencapai KKM setekah akumulasi nilai. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Sistem Kredit Semester (SKS), Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam (Studi Kasis Di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311301.pdf Restricted Access | 2.85 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
VIVI FARADILA LEPEPO_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.13 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.