Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/596
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Huzaemah Tahido Yanggo | - |
dc.contributor.advisor | Romlah Widayati | - |
dc.contributor.author | Umi Kulsum, 210810034 | - |
dc.date.accessioned | 2020-04-08T12:08:15Z | - |
dc.date.available | 2020-04-08T12:08:15Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/596 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini berawal dari pengkajian penulis terhadap hasil belajar siswa-siswi pada Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Sukajadi yang terdapat dalam hasil nilai dari Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014/2015 pada nilai rata-rata lebih rendah dari nilai hasil Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan hasil nilai dari Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun ajaran 2014/2015 dalam nilai rata-rata lebih tinggi dari nilai hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun ajaran 2015/2016. Hasil belajar tidak hanya tergambar dalam bentuk nilai akademik yang tinggi atau rendah, tapi sejauhmana hasil belajar tergambar dalam bentuk tingkah laku sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar dalam perspektif ayat-ayat Al-Qur’an. Mengkaji dan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an dari aspek bahasa, dari aspek makna yang tersurat dan yang tersirat, menganalisis isyarat-isyarat dan analogi yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau library research yaitu dengan menelaah naskah, dokumen, arsip, buku atau majalah, dengan menggunakan pendekatan analitik. Sedangkan metode pembahasannya menggunakan metode tematik, yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan topik penelitian serta menguraikannya dengan ilmu bantu yang relevan. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an dan ilmu tafsir, seperti tafsir ath-Thabari, dan ilmu bahasa, seperti Lisân al‘Arab karya Ibnu Manzhur, sumber sekundernya adalah ilmu psikologi Islam, dan ilmu umum lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat motivasi yang lahir dari dalam diri manusia adalah motivasi yang berdasarkan iman dan takwa kepada Allah SWT, motivasi lahir dari nilai-nilai Ilahiyah. Motivasi belajar dalam perspektif Al-Qur’an adalah motivasi untuk mengenal Allah SWT melalu manifestasi ciptaan-Nya yang maha luas, sehingga pengetahuan yang diperoleh mendatangkan rasa khasyât pada Allah SWT. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascarajana Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.subject | Perspektif Al-Qur'an | en_US |
dc.title | Motivasi Belajar Dalam Perspektif Al-Qur'an | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
210810034-Umi Kulsum.pdf Restricted Access | 210810034-Tesis | 5.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.