Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/806
Title: | Implementasi Pembelajaran Tahsinul Qur’an menggunakan Metode Ummi di Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoru Ummah Ciledug |
Authors: | Mukaromah Nur Afifah, 13311205 |
Advisor: | Yayah Nurmaliah |
Issue Date: | 14-Aug-2018 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Implementasi Pembelajaran Tahsinul Qur‟an adalah penerapan membaguskan huruf-huruf kalamullah mulai dari surat Al-Fatihah sampai dengan surat An-Nâs sesuai dengan makhraj dan sifat-sifatnya agar tidak salah dalam pengucapannya yang melibatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik di mana di dalamnya ada tujuan, materi, metode dan evaluasi yang saling terkait dalam suatu lingkungan belajar. Sedangkan metode Ummi adalah suatu cara yang mencontohkan kasih sayang dan kelembutan seorang ibu dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Tahsinul Qur‟an menggunakan metode Ummi dan apa saja faktor penunjang serta penghambat pembelajaran Tahsinul Qur‟an menggunakan metode Ummi di STP Khoiru Ummah Ciledug. Dalam penelitian ini, menggunakan desain penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Adapun pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Tahsinul Qur‟an menggunakan metode Ummi di STP Khoiru Ummah Ciledug memiliki tiga tahap yaitu pertama tahap persiapan, tahap kedua pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sesuai kelompok jilid pada metode Ummi dengan model yang telah ditetapkan, dan tahapan terakhir yaitu evaluasi. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran Tahsinul Qur‟an diantaranya pertama kondisi peserta didik dalam motivasi belajar, kedua dukungan orang tua di rumah, dan ketiga alat peraga dan prasarana sudah lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pertama konsentrasi peserta didik yang belum stabil, kedua sertifikasi pendidik, ketiga minimnya pemantauan orang tua yang sibuk, dan keempat sarana ruang kelas yang dipakai bukan menggunakan kelas sendiri. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/806 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
13311205.pdf Restricted Access | 3.99 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.