Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/818
Title: Pengaruh Pelaksanaan Program Hafalan Al-Qur`an terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Falaah Ciputat
Authors: Fitrotin Najiza, 14311346
Advisor: Yayah Nurmaliah
Issue Date: 2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Menghafal Al-Qur`an adalah suatu proses mengingat, dimana seluruh materi ayat (huruf, waqaf dsb) harus diingat secara sempurna sehingga dalam menghafalnyapun diperlukan konsentrasi tinggi. Semua ilmu pengetahuan baik ilmu kedokteran, matematika, alam dsb membutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam mempelajarinya. Bagi orang yang terbiasa menghafalkan Al-Qur`an maka ia akan terlatih dengan konsentrasi yang tinggi sehingga akan mudah dalam mempelajari dan memahami segala ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Apakah terdapat pengaruh pelaksanaan program hafalan Al- Qur`an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al- Falaah Ciputat?” Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan korelasional dengan metode deskriptif analisis. Analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil dari penelitian yakni terdapat pengaruh pelaksanaan program hafalan Al-Qur`an terhadap prestasi belajar PAI dengan interpretasi cukup/sedang. Hal ini dilihat dari standar kompetensi yang terdapat dalam PAI masih terkait dengan menghafal ayat Al-Qur`an maupun hadits. Jadi siswa yang sudah dibiasakan dalam menghafal maka akan berpengaruh pada peningkatan daya ingat dan konsentrasi siswa dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut tergolong baik yakni 87,97.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/818
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311346.pdf
  Restricted Access
5.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.