Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/831
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYayah Nurmaliah-
dc.contributor.authorIsmi Rahmayanti, 14311362-
dc.date.accessioned2020-07-13T07:22:25Z-
dc.date.available2020-07-13T07:22:25Z-
dc.date.issued2018-08-01-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/831-
dc.description.abstractKehadiran guru dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang penting, peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, sebagai penghubung dan yang mengubungkan antara materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Peserta didik yang memiliki kelainan khusus membutuhkan pendidikan, pembinaan dan pengarahan dalam menjalani tantangan hidup, yang terdapat dalam pendidikan agama Islam seperti anak pada umumnya untuk peningkatan kecerdasan spiritualnya. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah YPLB Nusantara Depok. Peran guru didalamnya sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan anak berkebutuhan khsusus salah satunya anak tuangrahita. YPLB Nusantara Depok memiliki kegiatan-kegiatan dan pembelajaran agama Islam yang menjadi pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti mengangkat masalah tersebut untuk menguraikan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak tuangrahita di YPLB Nusantara Depok. Pendekatan yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatnya kecerdasan spiritual anak tuangrahita yaitu adanya peran guru dalam peningkatan kecerdasan spiritual anak tunagrahita yaitu sebagai fasilitator dan penghubung antara guru dan peserta didik, penyampaian materi melalui metode ceramh dan demonstrasi. Melalui materi-materi yang diajarkannya yaitu materi keagamaan yang dilakukannya pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, seperti akhlak sopan santun, sholat, wudhu, ngaji, hafalan suratsurat pendek Al-Qur’an. Sehingga munculah perkembangan spiritual dari anak tunagrahita, dalam sikap, tingkah dan perilakuen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectKecerdasaan Spritualen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kecerdasaan Spritual Anak Tunagrahita di YPLB Nusantara Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311362.pdf
  Restricted Access
3.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
14311362_Publik.pdf
  Restricted Access
1.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.