Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/849
Title: Efektivitas Model Pembelajaran ICT Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta)
Authors: Meifitha Azizah, 14311379
Advisor: Herman
Issue Date: 18-Jul-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Dengan kemajuan teknologi yang telah ada saat ini kegiatan belajar mengajar di dalam kelas harus mulai didukung dengan teknologi yang sesuai, agar para peserta didik mampu bersaing dalam menghadapi tantangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi mendatang. Lembaga pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan zaman yang cenderung berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau adalah suatu teknologi yang berkaiataan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dan penyebaran informasi yang meliputi: radio, televisi, , komputer dan jaringan perangkat keras dan perangkat lunak, sistem satelit dan sebagainya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 70 Jakarta. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan penulisan kepustakaan (library research) dan penulisan lapangan (filed research), sehingga metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan analisis product moment. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 70Jakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar mata pelajran PAI, dengan melihat hasil perhitungan nilai r hitung lebih besar (0,822) dari pada r tabel (0,345 dan 0,266), maka berdasarkan data yang ada dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan Ada hubungan yang signifikan, antara penggunaan model pembelajaran ICT Based Learning (variabel X) dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta (variabel Y) diterima, sedangkan hipotesis nihil ditolak dengan besar rxy 0,822
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/849
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311379.pdf
  Restricted Access
3.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.