Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/857
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Syafi'i Noor | - |
dc.contributor.author | Nisa Winawati Azhari, 14311389 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-17T05:32:05Z | - |
dc.date.available | 2020-07-17T05:32:05Z | - |
dc.date.issued | 2018-10-28 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/857 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleknya permasalahan yang ada di masyarakat saat ini, untuk memecahkannya kita harus memiliki ketrampilan sosial yang baik, dan keterampilan sosial yang baik dapat dimiliki dengan membiasakan diri menanamkan konsep simulasi sosial. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mendapatkan rumusan masalah yaitu: “Apakah konsep simulasi sosial yang dimiliki siswa akan menentukan keterampilannya dalam mengambil keputusan disekolah? Dan apakah setiap siswa memahami bahwa konsep sosial adalah hal yang penting dalam mengambil sebuah keputusan?.” Penelitian ini menggunakan metode “survey” dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrument penelitian yang digunakan angket dalam bentuk pernyataan. Angket ditujukan pada 60 orang siswa. Selain itu, peneliti memperoleh data penunjang lainnya melalui observasi langsung ke sekolah. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konsep simulasi sosial yang dimiliki oleh siswa MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meliputi pemahamannya maupun penerapannya dalah kehidupan sehari-hari di sekolah memiliki keterkaitan yang kuat karna dapat menentukan keterampilan siswa tersebut dalam mengambil sebuah keputusan. Kesimpulan ini dibuktikan dengan memperhatikan tingginya nilai “r” hitung yaitu 0,72% yang lebih besar dari r tabel baik pada signifikansi 5% (0,273) maupun pada taraf signifikansi 1% ( 0,354) dan terletak pada interval koefisien 0,70-0,90 yang menunjukkan bahwa konsep simulasi sosial dan keterampilan pengambilan keputusan disekolah memiliki korelasi yang kuat dan tinggi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Simulasi Sosial | en_US |
dc.subject | Keterampilan Pengambilan Keputusan | en_US |
dc.title | Konsep Simulasi Sosial Menentukan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa di Sekolah (Studi Analisa di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311389.pdf Restricted Access | 4.47 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.