Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/869
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Sahaja Trisna Distia, 14311409 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-17T06:58:36Z | - |
dc.date.available | 2020-07-17T06:58:36Z | - |
dc.date.issued | 2018-07-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/869 | - |
dc.description.abstract | Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyak disaksikan di tengah-tengah masyarakat terdapat anak yang masih memerlukan penanganan dan perlindungan karena rentan kehidupan ekonomi, misalnya anak yatim piatu dan anak dari keluarga miskin yang kurang beruntung untuk mendapatkan kesejahteraan terutama yang terkait dengan pendidikan. Menurut data sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Maret 2018, jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 25,95 juta orang (9,82 persen). Sementara itu jumlah anak yatim mencapai 3,2 juta. Masa depan sebuah bangsa ada ditangan anak-anak sebagai penerus generasi bangsa. Jika saat ini menelantarkan anak-anak artinya mematikan masa depan bangsa, sebab tidak peduli terhadap masa depan bangsa. Padahal mungkin saja anakanak yang terlantar ini dan membutuhkan kesejahteraan, perlindungan serta pendidikan adalah calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang.. Hal ini menjadi penting bagi pemerintah dan semua lapisan masyarakat untuk mengasuh anak-anak yang kurang beruntung ini, terutama dalam hal pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan gratis merupakan salah satu solusi permasalahan pendidikan bagi anak-anak yang tidak mampu dalam hal ekonomi seperti anak yang terlahir dari keluarga miskin dan anak-anak yatim untuk dapat mengenyam bangku pendidikan yang selama ini hanya ada dalam bayangan dan angan-angan mereka saja. SMPI Daar El-Hikam menjawab masalah masyarakat dengan menyelenggarakan pendidikan gratis bagi anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Berangkat dari sinilah peneliti mendapatkan rumusan masalah yaitu: “Bagaimana Peran Kepala Sekolah terhadap Sekolah Gratis bagi Yatim dan Dhuafa di SMPI Daar El- Hikam Ciputat?” Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa peran kepala sekolah terhadap sekolah gratis bagi yatim dan dhuafa di SMPI Daar El-Hikam sudah baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Peran Kepala Sekolah | en_US |
dc.subject | Sekolah Gratis | en_US |
dc.subject | Yatim dan Dhuafa | en_US |
dc.title | Peran Kepala Sekolah terhadap Sekolah Gratis bagi Yatim dan Dhuafa di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Daar El-Hikam Ciputat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311409.pdf Restricted Access | 4.83 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.