Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/871
Title: Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SDIT Al-Azkar Pamulang)
Authors: Silvia Henwidia Putri, 14311412
Advisor: Ahmad Dimyathi Badruzzaman
Issue Date: 7-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Pembelajaran Al-Qur’an merupakan kewajiban dalam umat islam. Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang harus dibaca, bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai bacaan harian. Allah swt menilainya sebagai ibadah bagi siapapun yang membacanya. Pahala yang Allah berikan tidak dihitung perayat atau perkata, melainkan perhuruf. Apalagi yang dapat kita ketahui bahwa Al-Qur’an adalah pedoman manusia, dimana manusia bersandar pada Al-Qur’an atau kalam-kalam Allah swt, maka dengan membaca dan memahaminya kita akan mendapatkan ilmu-ilmu yang ada dalam Al-Qur’an. Belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu dalam membaca Al-Qur’an diperlukan metode yang tepat dan dapat memudahkan proses pembelajaran tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembelajaran di SDIT Al-Azkar Pamulang dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an yaitu menggunakan metode Yanbu’a dan metode Ummi dan mampu meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azkar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/871
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311412.pdf
  Restricted Access
3.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.