Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/873
Title: Strategi Rumah Tahfiz Alif dalam penerapan wajib menghafal 30 juz
Authors: Siti Inayah, 14311417
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Fenomena bahwa menghafal Al-Qur’an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan islam, keberhasilannya salah satunya ditentukan oleh strategi lembaga yang disusun dan diterapkan di lembaga tersebut. Dengan tujuan meningkatknya hafalan Al-Qur’an sampai 30 Juz. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya strategi rumah tahfiz Alif dalam penerapan wajib menghafal 30 juz. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi rumah tahfiz alif dalam penerapan wajib menghafal Al- Qur’an program 30 juz ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi yang diterapkan di Rumah Tahfiz Alif dalam penerapan wajib menghafal 30 juz di antaranya: Setelah melakukan pendaftaran masuk, calon santri baru wajib melakukan Tes Hafalan Al- Qur’an dengan penguji ustdzah Malih laila Najihah, Lc (Selaku pembina Rumah Tahfiz Alif). Santri Rumah Tahfiz Alif wajib melakukan setoran hafalan Al-Qur’an satu hari dua kali kecuali hari sabtu dan minggu dan wajib mengikuti tes hafalan Al-Qur’an per semester (6 bulan) dengan tujuan mengukur seberapa kuat hafalan yang telah dihafal oleh santri tersebut. Sedangkan Strategi Menjaga Hafalan Dalam Menghafalkan Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Alif diantaranya: Melaksanakan kegiatan sebagai berikut: Sima’an Per Minggu di setiap Alif Masing-masing, Khataman seluruh santri Alif di satu majelis, Khataman Al-Qur’an 30 Juz bersama Masyarakat Adapun faktor yang mendukung pelaksanaan strategi di Rumah Tahfiz Alif di antaranya: Membuat perencanaan yang jelas, menggunakan satu jenis mushaf Al-Qur’an dalam menghafal, Memulai menghafal dari ayat-ayat pendek, Memperhatikan ayat-ayat Mutasyabihat dan mengikuti perlombaan dalam menghafal Al-Qur’an.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/873
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311417.pdf
  Restricted Access
4.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.