Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/875
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Syafi'i Noor | - |
dc.contributor.author | Siti Khairunnisa, 14311419 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-17T07:15:56Z | - |
dc.date.available | 2020-07-17T07:15:56Z | - |
dc.date.issued | 2018-08-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/875 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah kurang sesuainya teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru terutama pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dan kurangnya penanaman nilai-nilai agama dalam diri siswa, karena guru hanya menyampaikan materi dengan satu arah tanpa melibatkan peran aktif siswa Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan teknik active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fath BSD? dan apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al- Fath BSD?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui: Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik active learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD berjalan dengan sangat baik sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam bisa terwujud. Teknik yang digunakan guru bervariatif diantaranya role playing, demonstrasi, diskusi, mind maping, bermain peran dan lain sebagainya. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sarana prasarana yang memadai, kesamaan visi, dan profesionalitas guru dalam membimbing peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu: kurangnya motivasi diri dari peserta didik dan orang tua siswa yang kurang memahami mengenai pentinya kecerdasan spiritual. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Teknik Active Learning | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Penerapan Teknik Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Al-Fath BSD | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311419.pdf Restricted Access | 3.25 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.