Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/883
Title: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik” (Studi Kasus SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan)
Authors: Sri Devi Rosalina, 14311429
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 12-Aug-2018
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah peranan guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan agar mampu menumbuhkan kecerdasan spiritual pada siswanya. Bukan hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun peserta didik diharapkan dapat memiliki kecerdasan secara spiritual. Dengan inilah peserta didik dapat menjadi manusia seutuhnya atau insan kamil yang dapat menyikapi setiap permasalahan dan kejadian apapun yang dialaminya dengan berpegang teguh pada Allah dan Rasulnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan memberikan motivasi, membimbing, mendidik, memberikan keteladanan, memberikan hadiah, hukuman, mengadakan kegitan tadabbur alam, membiasakan membaca doa dan surat-surat pendek ketika sebelum belajar maupun setelah belajar serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/883
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311429.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.