Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/894
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorFeti Vera, 14311447-
dc.date.accessioned2020-07-20T05:39:14Z-
dc.date.available2020-07-20T05:39:14Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/894-
dc.description.abstractAl-Qur’an merunkakan kitab sempurna yang menjadi pedomana bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu uapaya adalah dengan menghafalnya. Menghafal kalamaullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi seorang mahasiswa merangkap sebagai penghafal Al- Qur’an. Maka dari itu Intitut Ilmu Al-Qur’an Jakarta melahirkan mahasiswimahasiswi yang berakhalak mulia, hafizhah, dan yang terpenting adalah dapat mengaplikasikan kedunia masyrakat. Namun pada kenyataanya beberapa mahasiswi masi merasa kesulitan dalam mengahafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini problem apa yang dihadapi mahasiswi semester 6 fakultas tarbiyah dalam mengahafal Al-Qur’an, bagaimana solusi dan strategi mengatasi problem dalam mengafal Al-Qur’an. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Problem tahfizh yang dihadapi mahsiswi semestre 6 fakultas tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta yaitu: a) Rendahnya motivasi dari mahasiswi sendiri, Solusi yang dilakukan mahasiswi semestr 6 fakultas Tarbiyah yaitu memotivasi diri sendiri, sering melakukan muraja’ah, serta bisa mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, Strategi mahasiswi dalam mengahafal Al-Qur’an yaitu langkah pertama yang dilakukan adalah Tahsin Al-Qur’an (membaguskan bacaan), menggunakan satu jenis mushaf dalam menghafal Al-Qur’an, tidak beralih pada ayat yang berikutnya sebelum menguasai ayat yang sebelumnya, membaca bin-nadzhri sebelum memulai hafalan, memberi tanda kepada ayat-ayat yang serupa agar mudah dalam mengigatnya, dan menyetorkan hafalan kepada instruktrur tiga kalai dalam seminggu, tujuanya membantu menyelasaikan program yang diambil mahasiswi semester 6 fakulatas tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Mahasiswien_US
dc.subjectMeningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’anen_US
dc.titleStrategi Mahasiswi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Mahasiswi IIQ Jakarta fakultas Tarbiyah semester 6)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14311447.pdf
  Restricted Access
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.