Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/902
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Sisca Utami, 14311457 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-20T07:21:53Z | - |
dc.date.available | 2020-07-20T07:21:53Z | - |
dc.date.issued | 2018-07-31 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/902 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan dalam keluarga, sekolah dan masyarakat seringkali terpisah antara satu dengan yang lainnya dan bahkan terkadang justru bertentangan. Dalam keluarga, seorang anak dididik tentang etika (moral/ akhlak), namun di sekolah terkadang para guru tidak memperdulikan tentang etika dan bahkan pelanggaran terhadap nilai-nilai etika sering dipertontonkan di masyarakat. Kontradiksi dalam ketiga lembaga ini tentu membuat bingung anak sebagai peserta didik dan generasi yang sedang mencari jati diri. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimanakah Integrasi xvii Keluarga dan Lembaga Pendidikan Terhadap Anak Didik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Islamiyah Ciputat? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa di MTs Islamiyah Ciputat terjalinnya komunikasi yang aktiv antara kepala sekolah, guru dan orang tua murid dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Hal ini terlihat dari metode yang dilakukan oleh guru dan orang tua dirumah. Meraka sama-sama mendidik anaknya dengan: memberikan teladan, memberikan latihan-latihan kepada anaknya, memberikan pengawasan yang penuh kepada anaknya, memberikan nasihat dan memberikan hukuman dengan tujuan mendidik anaknya agar disiplin mengerjakan perintah agama Islam dan juga di dukung dengan adanya buku penghubung antara guru dan orang tua murid sehingga proses pembelajaran agama Islam berjalan dengan baik dan evektiv dan mudah terkontrol antara guru dan orang tua murid. Dengan hal ini terlihat bahwa adanya integrasi antara keluarga dan lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs Islamiyah Ciputat | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Integrasi Keluarga | en_US |
dc.subject | Lembaga Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | Integrasi Keluarga dan Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di MTs Islamiyah Ciputat) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14311457.pdf Restricted Access | 1.79 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.