Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/906
Title: Peran Tahfiz Ca*p dalam Meningkatkan Minat Menghafal Al-Qur'an Siswa SD Emirattes Islamic Schoo
Authors: Farhah Nida, 15311471
Advisor: Syahidah Rena
Issue Date: 16-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa menghafal Al-Qur`an merupakan perkara yang amat penting dan sangat mungkin untuk dilakukan oleh setiap muslim. Dalam prosesnya perlu membutuhkan usaha yang keras. Jika minat yang dimiliki siswa lemah, maka problematika tersebut bisa menghambat siswa dalam menghafal Al-Qur`an. Maka dari itu diperlukanlah suatu kegiatan untuk merangsang minat ataupun gairah siswa dalam menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengungkapkan bahwasanya program Tahfiz Camp dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur`an. Penelitian ini dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SD Emirattes Islamic School. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, mentor Tahfiz Camp, dan siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Tahfiz Camp dalam perannya memiliki banyak manfaat yang dirasakan oleh pihak sekolah, siswa, serta orang tua. Dari kegiatan tersebut memberikan pengaruh positif terhadap minat menghafal Al-Qur`an siswa, meningkatkan motivasi, sehingga dapat membantu akselerasi tahfiz siswa serta menumbuhkan sikap tanggung jawab.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/906
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311471.pdf
  Restricted Access
5.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311471_Publik.pdf
  Restricted Access
1.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.