Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/907
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Fatimah Azzahrah, 15311473 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-21T05:32:02Z | - |
dc.date.available | 2020-07-21T05:32:02Z | - |
dc.date.issued | 2019-07-19 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/907 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan Agama Islam begitu penting untuk membentuk karakter dan penanaman nilai spiritual pada anak, sehingga mereka mampu mengaktualisasikan dirinya semaksimal mungkin sesuai dengan prinsip religius. Salah satu dari usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dibuktikan dengan dimunculkannya kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh dan seimbang antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Praktek pembelajaran yang sangat berperan dalam menentukan pencapaian tujuan Pendidikan Islam dan membentuk karakter atau sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1) pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 70 Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Menentukan sumber data dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk meningkatkan Kompetensi Sikap Spiritual SMA Negeri 70 Jakarta merancang pembelajaran melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Yaitu dengan melakukan pembukaan dan apersepsi seperti mengawali dengan salam, berdo‟a, bersyukur dan tadarrus, kemudian eksplorasi, konsolidasi yaitu mengaitkan materi dengan dalil dan beberapa masalah dalam kehidupan, lalu pembentukan sikap melalui kegiatan-kegiatan di sekolah seperti salaman, tadarus bersama, shalat dzuhur berjamaah, infaq Jum‟at, pembacaan Asmaul Husna, Shalawat, shalat jum‟at berjamaah, kegiatan keputrian, mentoring putra dan Peringatan Hari Besar Islam, sanlat dan santunan anak yatim. Sikap spiritual telah direalisasikan oleh peserta didik seperti bersyukur atas segala nikmat Allah, membiasakan diri untuk selalu berdo‟a, bersikap toleransi, serta taat beribadah kepada Allah Swt. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Kurikulum 13 | en_US |
dc.subject | Sikap Spiritual | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kompetensi Inti (KI 1) Sikap Spiritual di SMA Negeri 70 Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311473.pdf Restricted Access | 4.1 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.