Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/923
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Zulfah Qurrotu Aini, 15311497 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-24T04:35:28Z | - |
dc.date.available | 2020-07-24T04:35:28Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/923 | - |
dc.description.abstract | Dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk pintar mengelola kelas agar tercipta suasana kelas yang nyaman dan kondusif. Maka dari itu, untuk menunjang terciptanya suasana tersebut diperlukan strategi-strategi yang harus dikuasai oleh guru, salah satunya adalah penerapan reward. Reward ini dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, sehingga saat pelakasanaan KBM di kelas dapat terlaksana dengan baik dan kondusif. Pada saat penulis melakasanakan tugas PPKT di SMP International Islamic Secondary School penulis mengamati bahwa di sekolah ini menerapkan reward berupa score point beserta reward-reward yang unik lainnya. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana penerapan reward berupa score point di SMP International Islamic Secondary School. Selain itu peneliti ingin menganalisis bagaimana efektifitas pemberian reward dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif pada mata pelajaran akidah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan reward di SMP International Islamic Secondary School sangat efektif dan berdampak positif pada mata pelajaran Akidah, dan mampu membuat peserta didik tertarik, nyaman, senang, dan dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar peserta didik. Reward yang digunakan oleh sekolah ini antara lain pujian, hadiah, penghargaan lima pilar dan score point. Penerapan reward ini juga sangat efektif dan mempunyai respon yang positif dari peserta didik sehingga dapat menciptakan clasroom climate yang kondusif pada mata pelajaran akidah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Reward | en_US |
dc.subject | classroom climate | en_US |
dc.subject | mata pelajaran akidah. | en_US |
dc.title | Penerapan Reward dalam Menciptakan Classroom Climate yang Kondusif Pada Mata Pelajaran Islamic Studies (Studi Analisis di Kelas VIII International Islamic Secondary School Jakarta) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311497.pdf Restricted Access | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311497_Publik.pdf Restricted Access | 2.8 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.