Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/926
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSaepullah-
dc.contributor.authorAnnisa Zakiyyah, 15311501-
dc.date.accessioned2020-07-24T05:06:42Z-
dc.date.available2020-07-24T05:06:42Z-
dc.date.issued2019-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/926-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berusaha menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan sikap disiplin siswa yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan melalui pembiasaan kedisiplinan. Proses yang dimaksud adalah proses penerapan peraturan, pemberian hukuman, pemberian penghargaan dan konsistensi. Objek penelitian adalah pendidikan disiplin Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang sesuai dengan pembahasan. Data-data tersebut didapatkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah disiplin yang dinyatakan oleh Elizabeth B. Hurlock bahwa disiplin mengandung 4 unsur pokok yaitu peraturan, hukuman, penghargaan dan konsistensi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatan diterapkan dengan peraturan yang dilaksanakan dengan tegas. Ketegasan pelaksanaan peraturan tersebut tidak hanya dikhususkan untuk siswa saja, tetapi untuk seluruh guru dan karyawawan yang ada di sekolah. Kedisiplinan tersebut juga didukung dengan adanya penghargaan dan hukuman yang diberikan oleh sekolah dan guru kepada siswa yang layak mendapatkannya. Dan pendidikan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tangerang Selatan melaksanakannya dengan konsisten.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Disiplinen_US
dc.subjectPeraturanen_US
dc.subjectHukumanen_US
dc.subjectPenghargaanen_US
dc.subjectKonsistensien_US
dc.titlePendidikan Disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Tangerang Selatanen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311501.pdf
  Restricted Access
1.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311501_Publik.pdf
  Restricted Access
987.62 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.