Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/930
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sri Tuti Rahmawati | - |
dc.contributor.author | Fatimah, 15311506 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-24T05:18:51Z | - |
dc.date.available | 2020-07-24T05:18:51Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/930 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa di zaman sekarang sudah banyak para penghafal Al-Qur‟an dari yang muda sampai yang tua. Setiap orang pasti bisa menghafal Al-Qur‟an tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik dan benar. Banyak masalah yang dihadapi penghafal Al-Qur‟an seperti belum bisa menghafal dengan benar sesuai makhraj dan tajwidnya, masih banyak siswa yang belum menghafal secara sempurna, kurangnya membagi waktu dalam mengulang, tidak fokus dalam menghafal, Itulah sebabnya tidak mudah dalam menghafal Al-Qur‟an. SD Islam Annajah merupakan Cabang dari Pesantren Hidayatunnajah, Bekasi. Sekolah ini menerapkan program tahfiz Al-Qur‟an sebagai program unggulan yang dimasukan ke dalam muatan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana konsep, pelaksanaan, evaluasi dan faktor penghambat serta pendukung dalam Implementasi Kurikulum Muatan Lokal dalam mencapai target hafalan Al-Qur‟an 4 juz di SD Islam Annajah Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Ketua Koordinator Tahfiz, Guru-guru tahfiz dan peserta didik SD Islam Annajah Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Konsep Kurikulum Muatan Lokal Hafalan Al-Qur‟an di kelas I yaitu siswa difokuskan untuk belajar membaca Al-Qur‟an dan menghafal surah An-Nas sampai Al-Fil, kelas II yaitu menghafal Al-Qur‟an juz 30, kelas III yaitu menghafal Al-Qur‟an juz 29, kelas IV yaitu menghafal juz 28, kelas V menghafal Al-Qur‟an juz 27 dan untuk kelas VI yaitu mengulang seluruh hafaln dari juz 27-30. (2) Pelaksanaan tahfiz ini dilakukan setiap hari senin-jumat. Sebelum siswa menambah hafalan baru ustadatau ustadzah mentalqinkan (membacakan) ayat tersebut terlebih dahulu, Setelah itu siswa mengikuti bersama-sama. Bagi siswa yang sudah hafal langsung menyetorkan hafalannya satu per satu. (3) Evaluasi dilakukan menjadi beberapa tahap dalam 1 tahun yaitu PTS 1,PAS 1 dan PTS 2, PAT 2. Ujian dilakukan selama 3 hari yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini adalah usia, kriteria guru, motivasi dari orang tua dan guru, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor vi penghambat dalam pelaksanaan program tahfiz adalah murid, kurang dapat mengatur waktu, dan lupa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Kurikulum Muatan Lokal | en_US |
dc.subject | Target Hafalan Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Dalam Mencapai Target Hafalan Al-Qur’an 4 Juz (27,28, 29, 30) di SD Islam Annajah Jakarta Barat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311506.pdf Restricted Access | 5.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311506_Publik.pdf Restricted Access | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.