Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/934
Title: Penerapan Model Cooperative Learning dalam mencapai domain pemeblajaran siswa kelas III MI Mumtaza
Authors: Izma Aziziah, 15311511
Advisor: Reksiana
Issue Date: 8-Aug-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang masalah ini adalah bahwa problematika guru masih menggunakan model konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan terhadap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar Al-Qur‟an Hadis dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dan untuk mengetahui pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning dalam belajar Al- Qur‟an Hadis di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Pamulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning yang diterapkan di dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadis bagi peserta didik MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Pamulang memiliki pencapaian dari domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Tentunya hal ini terlihat dari kegiatan siswa mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran atau kurikulum di sana. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Pamulang. Sumber data utam adalah Kepala Madrasah MI Mumtaza Islamic School, guru Mata pelajaran Al- Qur‟an Hadis, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, dan dua orang peserta didik. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumen-dokumen dan catatan-catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara induktif
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/934
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311511.pdf
  Restricted Access
2.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.