Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/938
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Pratami Nikmatush Shidqi, 15311519 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-27T04:03:07Z | - |
dc.date.available | 2020-07-27T04:03:07Z | - |
dc.date.issued | 2019-08-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/938 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang masalah ini adalah bahwa strategi pembelajaran sangat diperlukan, sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan strategi reading aloud. Strategi reading aloud ini termasuk strategi active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung penerapan strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah SD Putra Pertiwi, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan dua orang siswa SD Putra Pertiwi Pondok Cabe. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, bukubuku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumendokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi reading aloud dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan baik dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan. Guru sudah menggunakan media untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Reading Aloud | en_US |
dc.subject | Pemahaman Siswa | en_US |
dc.title | Implementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Putra Pertiwi Pondok Cabe | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311519.pdf Restricted Access | 3.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311519_Publik.pdf Restricted Access | 2.3 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.