Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/939
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Reksiana | - |
dc.contributor.author | Qonita Luthfiah, 15311520 | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-27T04:06:12Z | - |
dc.date.available | 2020-07-27T04:06:12Z | - |
dc.date.issued | 2019-09-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/939 | - |
dc.description.abstract | Peran orang tua dari hari ke hari semakin berkurang terutama di daerah perkotaan, dikarenakan kesibukan para orang tua sehingga orang tua kurang mampu mengawasi kegiatan anak-anak mereka ketika pulang sekolah dan mengkhawatirkan pergaulan sosial zaman sekarang dan lebih memilih agar anak mereka mempunyai waktu belajar lebih lama. Para orang tua juga menginginkan anak mereka bukan hanya cerdas dalam kemampuan kognitif saja, akan tetapi juga dituntut agar karakter kecerdasan emosi dan spiritual anak bisa berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Penerapan Konsep Full Day School dalam mengembangkan kecerdasan emosi (Emotional Quotion) Siswa kelas VIII SMPIT Insan Muttaqin Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses penerapan full day school di SMPIT Insan Muttaqin Bekasi adalah pembelajaran dari pagi hingga sore dan menggunakan lima hari efektif dari senin sampai jum‟at, (2) Penerapan full day school dalam membentuk kecerdasan Emosional (Emotional Quotion) di SMPIT Insan Muttaqin Bekasi adalah melalui ibadah yang bukan hanya bersifat spiritual tapi juga dapat mengembangkan emosional siswa seperti sholat Dhuha, Dzuhur dan Asar berjamaah, pembelajaran tahsin dan tahfidz intensif, dengan menggunakan indikator pencapaian dari karakteristik kecerdasan emosional diantaranya mengenali emosi diri, memotivasi diri, mengembangkan rasa empati, dan interaksi sosial. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Full Day School | en_US |
dc.subject | Emotional Quotion | en_US |
dc.title | Penerapan Full Day School dalam Pembentukan Kecerdasan Emosi (Emotional Quotion) (Studi Analisis siswa kelas VIII SMPIT Insan Muttaqin Bekasi) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311520.pdf Restricted Access | 6.08 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311520_Publik.pdf Restricted Access | 973.8 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.