Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/942
Title: Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn 3 Tangerang Selatan
Authors: Erna Nopiyanti, 15311535
Advisor: Hasanah
Issue Date: 18-Sep-2019
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa padamata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan Mei sampai Agustus 2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasi Product Moment. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 82 orang Data variabel X (Kemandirian Belajar), dijaring dengan menggunakan instrumen skala kemandirian berbentuk angket, sedangkan untuk variabel Y (HasilBelajar) menggunakan nilai raport siswa semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Dari perhitungan hasil angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif. Berarti di antara variabel tersebut terdapat korelasi yang positif dengan besarnya rxy 0,410, antara variabel X dan variabel Y yang sedang karena berada di antara 0,40-0,59%. DF=82, diperoleh “r” tabel (rt) pada signifikasi 5% sebesar 0,217, sedangkan untuk taraf signifikasi 1% sebesar 0,283. Demikian, dapat disimpulkan rxy lebih besar dari pada ≥ rt. Maka hipotesis Ha diterima kebenarannya dan pengaruhnya sedang. Hal tersebut dapat diperoleh bahwa semakin meningkatnya Kemandirian Belajar maka akan meningkat pula Hasil Belajar Siwa
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/942
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311535.pdf
  Restricted Access
2.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311535_Publik.pdf
  Restricted Access
1.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.