Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/943
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorAndi Rabiatul Adawiah, 15311531-
dc.date.accessioned2020-07-27T04:36:44Z-
dc.date.available2020-07-27T04:36:44Z-
dc.date.issued2019-08-13-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/943-
dc.description.abstractPenelitian ini menjelaskan bagaimana cara guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pentingnya mengenali gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Setiap individu memiliki caranya sendiri-sendiri untuk memperoleh pengetahuan atau belajar. Cara yang berbeda-beda tersebut disebut gaya belajar. Penting bagi seorang guru untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal melalui pengidentifikasian gaya belajar dan faktor eksternal yaitu dengan strategi pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelit ia n studi kasus. Hasil penilitian ini meliputi: (1) Gaya belajar siswa sudah terfasilitasi dengan baik. Dengan pengidentifikasian gaya belajar siswa tersebut dapat memudahkan guru dalam mempersiapkan alat, media, dan metode dalam pembelajaran. Gaya belajar visual terfasilitasi dengan LCD dan buku cerita bergambar, gaya belajar audiotory difasilitasi dengan pemutaran musik, sedangkan gaya belajar kinestetik difasilitasi dengan permainan di dalam ataupun di luar kelas. (2) Startegi pengelolaan kelas sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penyediaan sarana dan prasarana seperti ruang kelas yang memadai, penataan tempat duduk siswa, alat dan media pembelajaran yang lengkap, kedisiplinan guru dan siswa, komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, begitu pula antara sesama siswa, pemeliharaa n fasilitas sekolah, dan adanya evaluasi wajib sekali dalam seminggu. (3) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits untuk kelas satu, dua, dan tiga hanya mengfokuskan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunaka n metode Tilawati, yaitu pembelajaran hadits belum dikaji secara khusus dan belum ada modul pembelajarannya. (4) Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits prestasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa meningkat pada penilaian akhir tahun.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPengelolaan Kelasen_US
dc.subjectGaya Belajaren_US
dc.subjectPrestasi Belajar Siswaen_US
dc.titleStrategi Pengelolaan Kelas Berdasarkan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Kelas II di MI Pembangunan UIN Jakarta)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311531.pdf
  Restricted Access
16.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311531_Publik.pdf
  Restricted Access
9.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.