Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/944
Title: | Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Muhadharah) dalam Meningkatkan Percaya Diri (Self Confidence) Siswa (Studi Kasus di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif NU Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik) |
Authors: | Evi Maulida Sari, 15311536 |
Advisor: | Sri Tuti Rahmawati |
Issue Date: | 8-Aug-2019 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Menghadapi zaman yang semakin bersaing pendidik dan peserta didik yang menjadi faktor utama dalam dunia pendidikan. Keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sesungguhnya akan memberikan sumbangan yang berarti bagi siswa untuk mengembangkan minat baru, melatih siswa untuk berani, mau menunjukkan bakat dan keinginan yang tersimpan. Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler khususnya (muhadharah) di Madrasah Ibtida’iyah banyak diminati oleh peserta didik di tahun ini, dibandingkan kegiatan ekstrakurikuler pilihan lainnya. Dengan bertambahnnya minat peserta didik ingin mengikuti kegiatan ini, Maka dari itu pendidik juga harus bisa menyesuaikan metode yang cocok, sesuai dengan situasi pembelajaran dan dapat meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Muhadharah) dalam Meningkatkan Percaya Diri (Self Confidence) Siswa sebagian kelas 4 dan 5 di MI Ma’arif NU Assa’adah Sampurnan, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler (muhadharah) di MI Ma’arif NU Assa’adah Sampurnan. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler (muhadharah) di MI Ma’arif NU Assa’adah Sampurnan mempunyai tujuan tertentu. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler (muhadharah) berjalan sesuai program kerja yang ditentukan. Terdapat tahapan dalam pembelajaran yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar yaitu berupa naskah dan menghafal. Adapun Evaluasi yang dilakukan adalah memberi tugas rumah dan penilaian berpidato di depan kelas. Untuk meningkatkan rasa percaya diri menggunakan pembiasaan atau latihan terus menerus layaknya tampil sebenarnya dengan pengawasan. Faktor pendukungnya yaitu kepala sekolah, pembimbing kegiatan ekstrakurikuler (muhadharah), adanya semangat dari peserta didik, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu dan sarana prasana khusus yang belum tercukupi. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/944 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311536.pdf Restricted Access | 3.82 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
15311536_Pulik.pdf Restricted Access | 3.16 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.